Star Radio - Film Yuni Menjadi Wajah Indonesia di Ajang Oscar 2022
Movie & Cinema
Film Yuni Menjadi Wajah Indonesia di Ajang Oscar 2022
October 16th | 2021

Setiap tahunnya Indonesia selalu mengirimkan film karya sineas lokal ke kancah perfilman internasional seperti, Oscar dan The Academy Awards. Pada tahun ini, film Yuni yang berkesempatan untuk maju sebagai wajah Tanah Air di ajang tertinggi dalam industri film tersebut.

Film Yuni terpilih mewakili Indonesia dalam Academy Award ke-94 pada 2022 untuk kategori The International Feature Film Award. Film ini dipilih Komite Seleksi Oscar Indonesia (The Indonesian Oscar Selection Committe) karena diyakini memenuhi syarat yang ditentukan oleh panitia Oscar.

"Kami menilai film-film Indonesia yang secara administratif memenuhi persyaratan panitia Oscar Amerika," jelas Ketua Pelaksana Seleksi Oscar Indonesia 2021, Deddy Mizwar, dalam acara Pengumuman dan Konferensi Pers Virtual, disimak di Jakarta, Jumat (15/10).

Proses pemilihan berlangsung cukup lama. Komite Seleksi Oscar Indonesia juga melakukan diskusi intensif sebelum memutuskan bahwa film Yuni dipilih sebagai wakil Indonesia dalam ajang bergengsi tersebut.

Sebelumnya Yuni sempat meraih berhasil mendapat penghargaan Platform Prize pada Toronto International Film Festival 2021 dan mendapatkan ulasan positif dari beragam pengamat film di seluruh dunia. Bahkan film itu juga diulas dan menjadi bahasan bagi topik feminisme di tingkat dunia.

Yuni yang digarap oleh sutradara Kamila Andini yang bercerita tentang seorang perempuan Bernama Yuni (Arawinda Kirana) merupakan siswa SMA yang dikenal cerdas di sekolahnya. Yuni layaknya remaja pada umumnya yang memiliki impian besar. Untuk mengetahui kelanjutannya Stars harus nonton sendiri ya!

 

(SAC)

Sumber foto: Instagram.com/poster_filmindonesia

Share This