Star Radio - Film Yang Gagal Tayang Di Beberapa Negara
Movie & Cinema
Film Yang Gagal Tayang Di Beberapa Negara
November 8th | 2018

Stars, kamu tau gak sih ternyata gak semua film bisa rilis di semua negara lho. Hal ini dikarenakan kebijakan serta kebudayaan negara yang berbeda-beda. Sehingga film yang akan rilis harus diseleksi dulu Stars. Nah kira-kira film apa saja yang Stars yang gagal tayang?


1. Film 2012 yang gagal tayang di Korea Utara


Bagi sebagian negara, kehadiran film yang mengusung tema bencana ini memang cukup kontroversional. Alasannya karena ide ceritanya yang berasal dari ramalam suku maya mengenai akhir zaman. Walaupun film 2012 hanya fiksi, namun Korea Utara melihatnya sebagai sebuah ancaman. Hal itu dikarenakan Kim Jong II menganggap bahwa tahun 2012 yang juga bertetapan dengan 100 tahun hari lahir pemimpin abadi Kim II Sung bakal menandai kebangkitan negara Korea Utara. Dan karena tidak mau tahun keberuntungannya dirusak oleh pemberitaan takhayul seperti fenomena 2012, Kim Jong II akhirnya melarang rakyatnya untuk menonton film 2012 dan akan menangkap dan memenjarakan orang yang menonton film tersebut. Wah gak kebayang ya Stars kalau sampai dipenjara karena hanya menonton film.


2. The Simpsons Movie yang gagal tayang di Burma, Myanmar


Film kartun komedi yang terkenal satu ini hanya dilarang di satu negara untuk tayang yaitu Myanmar. Namun yang menjadi alasannya justru bukan unsur vulgar atau kekerasan dalam film The Simpsons ini, melainkan penggunaan warna kuning dan merah yang berlebihan.


Setelah diselidiki Stars, ternyata pelarang film tersebut didasari oleh kepercayaan orang Burma terhadap hal-hal yang bersifat Klenik. Kemungkinan mereka menganggap kalau apa yang ditampilkan film ini akan sulit diterima oleh masyarakat setempat.


3. Filipina yang melarang penayangan semua film yang dibintangi Claire Danes


Aktris yang pernah membintangi film Romeo dan Juliet itu harus menerima kenyataan pahit setelah negara Filipina melarang rakyatnya menonton film apapun yang dibintangi aktris yang satu ini. Hal ini dikarenakan Danes pernah menyebutkan kalau ibu kota Filipina yaitu Manila merupakan kota yang mengerikan dan aneh serta dipenuhi bau kecoa dan tikus saat ditanyai pendapatnya sewaktu syuting di Brokendown Palace. Karena itulah, pemerintah Filipina melarang rakyatnya menonton film yang dibintangi Danes, bahkan Danes tidak diperbolehkan menginjakan kakinya di negara tersebut sebelum meminta maaf kepada Filipina.


4. Christopher Robin yang gagal tayang di China


Stars kamu tau gak kalau film lucu yang satu ini dilarang tayang di negeri tirai bambu lho. Alasannya cukup menarik nih Stars, berawal dari banyaknya meme yang membandingkan presiden Xi Jinping dengan Pooh, pihak partai komunis Tiongkok merasa kalau meme tersebut justru merendahkan martabat presiden Xi. Dan akibat masalah ini, semua hal yang terkait dengan Winnie The Pooh dianggap sebagai konten ilegal dan film tersebut dilarang tayang di Tiongkok.


Nah tadi itu beberapa film yang gagal tayang di sejumlah negara berserta alasannya. Untungnya film-film tersebut bisa ditonton di Indonesia ya Stars.


Mangala Pratama , 2018

Share This