Star Radio - Film Live-Action Pokemon Detective Pikachu Jawab Kerinduan Penggemar
Movie & Cinema
Film Live-Action Pokemon Detective Pikachu Jawab Kerinduan Penggemar
May 8th | 2019

Berawal dari video game, tokoh fiksi Pikachu yang merupakan spesies pokemon berhasil memikat banyak orang di awal kemunculannya di era 90an. Karakter asal Jepang ini kembali dibangkitkan ke layar lebar namun dalam bentuk live action pertamanya berjudul Pokemon Detective Pikachu. Film hasil kerjasama Warner Bros. Pictures, Legendary Pictures, dan The Pokemon Company, ini menawarkan kisah yang ringan dan dikemas dengan CGI pokemon yang boleh dibilang cukup untuk film berdurasi 104 menit. Bercerita tentang pengalaman Tim Goodman yang diperankan Justice Smith, pelatih Pokemon untuk mengungkap kematian ayahnya Harry Goodman yang meninggal dalam kecelakaan mobil. Harry merupakan seorang detektif di kota Rhyme, sebuah kota di mana manusia dan Pokemon hidup berdampingan.

Di kota tersebut, Tim justru bertemu dengan pokemon milik Harry, detektif Pikachu yang bisa berbicara dengannya, dan menuntun dirinya untuk mengungkap misteri kematian ayahnya. Dalam pencariannya tersebut, Tim dibantu seorang reporter muda Lucy Stevens yang diperankan Kathryn Newton dan memiliki pokemon lucu Psycduck. Saat dalam pencarian, mereka menyadari ada bahaya lebih besar yang mengancam penduduk dan pokemon di kota Rhyme. Alur cerita film ini sendiri sebenarnya sangat sederhana dan sedikit mudah ditebak, namun menarik karena dikemas dengan dialog yang lucu, serta kehadiran banyak karakter pokemon menggemaskan. Psyduck yang meski menggemaskan namun bisa meledak saat stres atau merasa tertekan. Kelucuan semakin menjadi karena Ryan Reynolds mengisi suara Pikachu, dimana seringkali kelucuannya mengingatkan pada karakter Ryan di film Deadpool

Secara garis besar, film ini cukup menghibur dari segi cerita, juga menawarkan gambar yang memukau dari landscape gedung perkotaan Rhyme, kemudian CGI dari pokemon bisa saling melengkapi ceritanya dengan cukup baik. Meski dalam beberapa adegan terlihat CGI yang kurang baik, namun saat melihat bagaimana karakter Pikachu dibuat begitu lembut, menggemaskan, rasanya kekurangan tersebut bisa dilupakan begitu saja. Film yang tayang di bioskop mulai tanggal 8 Mei 2019 di jaringan bioskop Indonesia ini disutradarai oleh Rob Letterman, dengan cerita yang dibuat oleh Hernandez Samit dan Nicole Perlman yang juga menulis kisah Captain Marvel. Pokemon Detective Pikachu bisa jadi rekomendasi untuk ditonton bersama seluruh anggota keluarga nih, Stars!.

Diyan Wahyutri, 2019.

Share This