Star Radio - Film Bergenre Folk-Horror 'Midsommar' Belum Tentu Tayang di Indonesia
Movie & Cinema
Film Bergenre Folk-Horror 'Midsommar' Belum Tentu Tayang di Indonesia
August 16th | 2019

Tangerang, Staradio1073fm.com – Masih ingat film ‘Hereditary’ yang disutradai oleh Ari Aster? Kini Ari Aster juga menyutradai film baru yang berjudul ‘Midsommar’ yang akan tayang pada 21 Agustus mendatang. Banyak kabar tersebar bahwa film ini belum pasti akan tayang di Indonesia karena banyak adegan yang tak lolos sensor. Namun, pada 13 Agustus lalu, trailer film tersebut telah lulus sensor.

Film ini diproduksi oleh A24 yang pernah memproduksi film ‘Hereditary’ pada tahun 2018 lalu. Tentunya bagi para pecinta film horror, judul film tersebut sudah tak asing lagi karena mampu memberikan trauma yang cukup dalam setelah menonton film itu.

Ternyata, ‘Midsommar’ berbeda sekali dengan ‘Hereditary’. Jika ‘Hereditary’ memainkan rasa takut pada malam hari dan minim cahaya, ‘Midsommar’ malah memainkan rasa takut pada siang bolong.

Film ini mengisahkan cerita tentang sekumpulan muda mudi yang sedang travelling ke Swedia untuk mengunjungi festival musim panas di sebuah desa terpencil. Festival itu hanya diselenggarakan setiap 90 tahun sekali. Liburan yang menyenangkan seketika berubah menjadi kompetisi yang kasar dan super aneh di tangan seorang pemuja berhala.

Dilansir dari Detik, ternyata konten di dalam film ‘Midsommar’ tidak hanya bermasalah di Indonesia, tetapi juga di Amerika Serikat. Awalnya ‘Midsommar’ mendapatkan rating NC-17 dari MPAA.

Tetapi, sutradara Ari Aster berupaya keras agar filmnya tidak mendapat rating tersebut dan 30 menit terpaksa dipoton dari film tersebut. Akhirnya ‘Midsommar’ mendapat rating R dari MPAA dan tayang di bioskop dengan durasi 147 menit. Aster sudah berencana untuk merilis versi director’s cut untuk versi DVD dan Blu-Ray.

Setelah resmi naik layar secara global di beberapa negara, ‘Midsommar’ mendapat ulasan positif dari banyak kritikus. Hal ini dapat dilihat dari skor 83% di Rotten Tomatoes dan mendapat sertifikasi Fresh.

Menurut laman Rotten Tomatoes pula, film berdurasi 40 menit ini diberi rating R untuk kekerasan ritualistik dan gambar mengerikan, konten seksual yang kuat, gambar vulgar, penggunaan narkoba, dan bahasa yang kasar yang mungkin mengganggu.

Hal ini pula yang membuat banyak pihak apakah ‘Midsommar’ akan tayang di Indonesia atau tidak, mengingat banyak adegan yang belum tentu lolos sensor.

Jadi, bila film ini tayang di Indonesia, apakah kamu siap menontonnya, Stars?

 

(bil)

Share This