Star Radio - Film Animasi “Weathering With You” Siap Bersaing di Piala Oscar 2020
Movie & Cinema
Film Animasi “Weathering With You” Siap Bersaing di Piala Oscar 2020
September 11th | 2019

Tangerang, Staradio1073fm.com - Film animasi terbaru karya Makoto Shinkai yang bertajuk “Weathering With You” menjadi perwakilan Jepang di piala Oscar 2020. Film ini didaftarkan kedalam nominasi International Feature Film Awards. Hal ini disampaikan langsung oleh Japan Motion Picture Producers Association.

Film “Weathering With You” akan menjadi film anime pertama yang merepresentasikan Jepang pada kategori tersebut dalam dua puluh tahun terakhir. Film anime terakhir yang dipilih sebagai perwakilan Oscar ialah Princess Mononoke karya Hayao Miyazaki pada tahun 1997. Sayangnya film tersebut gagal masuk nominasi pada saat itu. Sejak rilis perdana pada Juli lalu, “Weathering with You” tampil menggebrak dan rajai Box Office Jepang. Sempat menjadi pemuncak selama empat minggu, film besutan Makoto Shinkai ini akhirnya harus merelakan takhta pada film anime lainnya “One Piece: Stampede” yang sukses pecahkan rekor penonton pada hari debut. Meski begitu, “Weathering with You” tetap tampil gemilang dengan torehan sebesar 10 miliar yen atau setara dengan Rp1,3 triliun.

“Weathering With You” adalah film yang disutradarai oleh Makoto Shinkai, Makoto Shinkai juga pernah menggarap sebuah film animasi yang sukses sebelumnya yakni film “Your Name” atau dalam bahasa Jepang “Kimi No Na Wa” pada tahun 2016. Dilansir Crunchyroll, dengan penunjukan ini, “Weathering With You” resmi menjadi film keluaran Jepang ketiga yang mengikuti kategori ini. setelah sebelumnya ada dua film karya studio Ghibli yakni Pom Poko (1994) dan Princess Mononoke (1997) yang bersaing untuk kategori tersebut. Dan “Weathering With You” menjadi film pertama yang bukan berasal dari studio Ghibli yang berhasil masuk kedalam kategori tersebut.

Untuk kategori International Feature Film, hanya bisa diikuti oleh satu judul dari masing-masing negara. Tentu syarat utama yang harus dipenuhi adalah mengusung bahasa non-Inggris. Dan film “Weathering With You” kini harus bersaing dengan film-film lainnya, seperti seleksi resmi dari Korea Selatan “Parasite” karya Bong Joon-ho, “It Must Be Heaven” dari Palestina karya Elia Suleiman, “The Longest Night” dari Ekuador karya Gabriela Calvache, dan “Our Mothers” dari Belgia karya Cesar Diaz.

“Weathering With You” sendiri menceritakan seorang laki-laki bernama Hodaka yang kabur dari rumah menuju Tokyo. Di sana ia bertemu dengan seorang gadis bernama Hina, yang biasa disebut Gadis Matahari, karena bisa mengubah hujan menjadi cerah. Karena kondisi dan kesulitan yang dialami, keduanya pun akhirnya semakin dekat. Konflik pun terus berdatangan, mulai dari dikejar polisi, hingga ancaman Hina akan menghilang jika terus menerus menggunakan kekuatannya.

Nah stars, menurut kamu film animasi yang satu ini, akan masuk kedalam nominasi Piala bergengsi Oscar 2020 ga nih stars? (AND)

Share This