Star Radio - Facebook, Tiktok, dan Clubhouse Terancam Diblokir Kominfo
Lifestyle
Facebook, Tiktok, dan Clubhouse Terancam Diblokir Kominfo
May 24th | 2021

Hallo Stars!

Hari ini, tepatnya tanggal 24 Mei 2021, jadi tenggat akhir buat tiga aplikasi yang familiar di kehidupan kita yaitu Facebook, TikTok, dan Clubhouse, di mana ketiga aplikasi ini harus mendaftar ke Kementerian Komunikasi dan Informatika alias Kominfo RI. 

Tenggat Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) ini sebenernya udah diingetin dari beberapa waktu yang lalu karena peraturannya udah disebar dari 24 November 2020.  PSE dikasih waktu 6 bulan terhitung dari tanggal tersebarnya peraturan tersebut.Tapi sampe sekarang, ketiga aplikasi itu belum melakukan pendaftaran. Kalau mengacu sama Peraturan Kominfo No. 5 Tahun 2020, Kominfo bisa aja kasih sanksi buat PSE yang enggak mendaftar. Sanksinya bisa berupa sanksi administratif, hingga pemblokiran.

Nah, tiga aplikasi ini bukan aplikasi kecil, melainkan aplikasi besar yang sering banget digunakan sama orang-orang. Siapa sih yang gak tau Facebook? Salah satu aplikasi yang menemani perjalanan kita di dunia maya, isinya ada PDKT, curhat di wall Facebook, dan foto-foto masa kecil yang aib tapi bikin kangen.

Buat Clubhouse sendiri, aplikasi ini pernah booming dan menjadi perbincangan hangat di kalangan netizen, terutama yang pake iOS. Aplikasi ini juga bakal rilis di Android, setelah sebelumnya cuma bisa diakses di iOS. Gak cuma itu, Tiktok juga jadi salah satu aplikasi yang sering dipake buat nonton atau bikin video, sampe buat cari penghasilan lewat sana.

Kalau Facebook, Clubhouse, dan Tiktok harus diblokir sama Kominfo, kira-kira gimana reaksi lo, Stars? Apa ada aplikasi lain yang bisa lo pake buat ngisi waktu?

(APA)

Sumber foto: freepik.com

 

Share This