Star Radio - ebih Baik Mana Ya Stars? Olahraga Pagi Atau Olahraga Sore?
Lifestyle
ebih Baik Mana Ya Stars? Olahraga Pagi Atau Olahraga Sore?
October 9th | 2019

Tangerang, Staradio1073fm – Stars, ada berbagai pendapat mengenai kapan waktu yang paling tepat atau paling baik untuk melakukan olahraga. Nah sebagian dari kamu menyebutkan pagi hari adalah waktu terbaik, sementara ada yang berpendapat sore atau malam hari lebih efektif membakar kalori yang masuk seharian.

Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Medicine & Science in Sport & Exercise justru menyebutkan bahwa tiap-tiap waktu olahraga punya manfaat yang berbeda. Dikutip dari berbagai artikel, peneliti mengungkapkan jika waktu terbaik untuk melakukan olahraga adalah pagi hari. Antara jam 05.00 dan 08.00 pagi. Karena udara yang ada masih segar, sinar matahari pagi pun mengandung vitamin D yang sangat baik buat kesehatan. Selain itu, di waktu ini otot tubuh dan sistem peredaran darah mulai bekerja.

Selain itu, kelebihan dari olahraga pada saat pagi hari adalah berolahraga pagi adalah kamu jadi lebih aktif secara fisik sepanjang hari, akan mendorong metabolisme juga sehingga kalori yang terbakar sepanjang hari lebih banyak.

Namun, jika kamu hanya bisa melakukan olahraga saat sore hari  juga gapapa kok Stars dibandingkan tidak melakukan olahraga sama sekali. Kira – kira kapan sih waktu terbaik untuk olahraga saat sore hari? Waktu terbaik nya sekitar pukul 14.00-18.00 sore. Manfaatnya adalah meningkatkan aktivitas enzim dan fungsi otot, serta membantu merilekskan tubuh setelah seharian bekerja.

Lalu, mana yang lebih sehat? Pada akhirnya, semua akan kembali lagi pada manfaat yang ingin kamu dapatkan sendiri. Mau itu sore hari atau pagi hari, tergantung kamu. Bila kamu bukan orang yang bisa bangun pagi setiap hari, mungkin olahraga di sore atau malam hari akan lebih baik bagi kamu. Bila kamu suka berolahraga sendiri, maka pilihlah waktu atau tempat dimana kamu dapat berolahraga sendirian. Begitu pun sebaliknya.

Pada dasarnya, olahraga akan bermanfaat bila kamu bisa melakukannya secara konsisten dengan rutin. Maka dari itu, pilihlah waktu dimana kamu dapat melakukannya secara konsisten dengan mudah. Semoga bermanfaat Stars!

Mia Permatasari, 2019

 

Share This