Star Radio - Deretan Film Sci-Fi Rusia dengan Visual Efek Kece dan Cerita Keren
Movie & Cinema
Deretan Film Sci-Fi Rusia dengan Visual Efek Kece dan Cerita Keren
September 17th | 2019

Stars, Rusia memang dikenal sebagai negara yang memproduksi dan mengembangkan berbagai teknologi maju dan canggih. Namun siapa sangka negara yang dijuluki negara tirai besi dan beruang putih ini juga memproduksi berbagai film berkualitas. Oleh karena itu banyak film-film dengan genre sci-fi asal Rusia yang pastinya memiliki cerita yang berbeda dibandingkan film sci-fi Amerika yang sudah sering kita tonton selama ini.

 

Film yang dibuat Rusia juga bisa menggambarkan keadaan teknologi di sana lho. Nah pastinya udah penasaran kan dengan berbagai film science fiction asal Rusia ini. Maka dari itu simak deh ulasannya berikut ini.

 

Dark Planet (2008)

Stars Dark Planet adalah film asal Rusia yang diadaptasi dari sebuah novel berjudul sama karangan dari penulis bersaudara Arkady dan Boris Strugatsky, yang terbit pada tahun 1969. Film genre sci-fi ini juga hadir dalam dua bagian, di mana yang pertama rilis pada tahun 2008, sedangkan bagian dua rilis pada tahun 2009. 

Film ini berlatar tahun 2157, mengenai pengelana luar angkasa bernama Stepanov yang berasal dari Bumi dan mendarat di planet Sarakhs. Akan tetapi planet tersebut dikuasai oleh rezim totaliter yang mencuci otak para penduduknya untuk tetap dapat menguasai tempat tersebut.

 

Hard To Be A God (2013)

Film ini juga diangkat dari novel terkenal berjudul sama, karangan dari Arkady dan Boris Strugatsky, yang terbit tahun 1964. Film ini sudah ditayangkan sejak 24 Februari 2014 dan sempat tayang pada acara Festival Film Roma di tahun 2013.

Kisah film ini tentang sekelompok ilmuwan dari Bumi yang dikirim ke planet Arkanar untuk membantu masyrakat lokal, yang mana peradabannya tidak berkembang dan terjebak di abad pertengahan. Mereka berusaha untuk menyelamatkan para ilmuwan di planet tersebut dari hukuman yang membuat planet tersebut sangat tertinggal. Menarik kan?

 

Mafia: Survival Game (2016)

Film ini termasuk film sci-fi yang berkisah mengenai acara permainan televisi, bernama Mafia yang menjadi sangat populer di tahun 2072. Game tersebut terdiri dari 12 pemain dari berbagai latar belakang, seperti pada permainan werewolf. Namun bagi pemain yang kalah mereka harus masuk ke dalam arena virtual reality untuk melawan rasa takut mereka sendiri. Tayangan ini sudah dirilis pada 1 Januari 2016, dengan biaya produksi yang mencapai 15 juta dollar AS. Kamu sudah pernah nonton, Stars?

 

Attraction (2017)

Judul asli dari film ini adalah Prityazhenie yang disutradarai oleh Fyodor Bondarchuk. Film ini mengisahkan tentang pesawat alien yang jatuh setelah ditembak pesawat tempur Rusia dan mendarat di Moskow. Namun jatuhnya pesawat alien tersebut merusak kota dan menyebabkan banyaknya korban jiwa. Tapi salah seorang anak sekolahan malah membantu salah satu alien tersebut dan bekerjasama untuk menangani masalah yang ada. 

 

Film Attraction ini sudah dirilis di Rusia pada 26 Januari 2017 dan tayang juga di berbagai negara Asia maupun Eropa lainnya. Selain itu film ini juga meraup pendapatan tinggi yang mencapai 18.4 juta dollar AS dari biaya produksi yang hanya 6 juta dollar AS. Kabarnya akan dirilis sekuel dari film ini yang berjudul Attraction 2 pada awal tahun 2020.

 

A Rough Draft (2018)

Film ini disutradarai oleh Sergey Mokritskiy dan mengadaptasi kisah dari sebuah novel berjudul sama karangan Sergei Lukyanenko, yang terbit pada tahun 2005. Sementara film ini sudah dirilis di Rusia pada tanggal 25 Mei 2018, serta mendapatkan kritik positif maupun negatif dari para penontonnya. 

Kisah dari film ini tentang seorang game designer bernama Kirill Maksimov yang dipilih untuk menjadi pengatur dunia paralel. Yang mana dunia tersebut terdiri dari berbagai versi tempat, baik masa Imperial Rusia, dunia apocalipse dan lainnya. Hingga suatu hari ia menyadari bahwa seluruh dunia ini dijadikan percobaan oleh para penguasa, dan kemudian ia melakukan pemberontakan.

 

Coma (2019)

Film terakhir yang harus kamu tonton adalah film Coma yang mengisahkan mengenai seorang arsitektur muda yang handal, yang mana ia berada di dunia aneh usai mengalami kecelakaan misterius. Dunia tersebut ada berdasarkan ingatan dari orang yang pernah tinggal di dalamnya. Maka ia harus menemukan petunjuk serta mematuhi aturan di COMA untuk pergi dan kembali ke dunia nyata. 

Film Coma sudah ditayangkan sejak tanggal 24 Januari 2019 di Rusia serta disutradarai oleh Nikita Argunov. Selain itu film ini juga mendapatkan rating tinggi dalam web IMDb dan Rotten Tomattoes.

 

Nah Stars, itulah deretan film yang bergenre sci-fi Rusia yang wajib masuk daftar film yang ditonton saat weekend. Menarik kan?

 

(Stacyana Agustin)

Share This