Star Radio - Demi Mendapatkan Oscar, Netflix Rilis 10 Film Baru di Bioskop
Movie & Cinema
Demi Mendapatkan Oscar, Netflix Rilis 10 Film Baru di Bioskop
August 29th | 2019

Tangerang, Staradio1073fm.com– Stars, kamu pasti sering kan nonton film-film dari Netflix? Nah, dilansir dari CNNIndonesia, Film terbaru Martin Scorsese The Irishman yang berada di bawah produksi Netflix akan tayang terlebih dahulu di bioskop pada 1 November mendatang sebelum akhirnya tersedia di layanan streaming tersebut hampir sebulan setelahnya. Kabar ini dikonfirmasi Netflix usai terlibat negosiasi panjang dengan jaringan bioskop.

The Irishman menjadi salah satu yang terbaru dalam perjuangan yang sedang berlangsung antara Netflix dan industri film tradisional. Sebelumnya, pihak jaringan bioskop di Amerika seperti AMC dan Regal bersikeras bahwa film memiliki periode 90 hari eksklusifitas sebelum tersedia di layanan streaming. 

Mengutip The Verge, bioskop ingin menarik penonton selama mungkin sebelum mereka memiliki pilihan memutar film di rumah. Sementara, hal itu bertolak belakang dengan tujuan layanan streaming seperti Netflix yang memprioritaskan penyediaan konten baru demi menjaga dan menarik pelanggan baru.

Pada saat bersamaan, Netflix telah secara aktif mencari pengakuan dengan berusaha menembus ajang penghargaan. Sebelumnya, usaha perusahaan streaming itu sempat diprotes sutradara Steven Spielberg yang mengatakan bahwa semua rilisan Netflix adalah "film TV", serta menyebut mereka tidak memenuhi syarat untuk penghargaan seperti Oscar. 

Upaya menempatkan film Netflix di bioskop sendiri kini dinilai menjadi bagian lain untuk mendapatkan penghargaan, menyusul syarat yang diberikan biasanya menegaskan bahwa film harus tayang di bioskop untuk masuk sebagai kandidat ajang tertentu.

Sejauh ini, Netflix merencanakan 10 film untuk tayang di bioskop secara eksklusif sebelum tersedia di layanan streaming mereka. Daftar itu termasuk karya Steven Soderbergh, The Laundromat, yang akan tayang perdana 7 September 2019 di bioskop sebelum tersedia di layanan streaming pada 18 Oktober 2019, dan Marriage Story yang diarahkan oleh Nuh Baumbach, disebut akan berada di bioskop secara eksklusif selama sebulan sejak 6 November 2019 sebelum ada di Netflix pada 6 Desember 2019.

Sebelumnya, Netflix sempat merilis empat film di bioskop pada tahun lalu di antaranya Bird Box, The Ballad of Buster Scruggs, Mowgli, dan Roma yang memenangkan Academy Award. 

Demi memenuhi syarat Oscar, setidaknya film harus diputar selama 7 hari di bioskop.

Berikut daftar lengkap rilis film terbaru Netflix yang akan tayang lebih dulu di bioskop.

1. Laundromat
7 September (bioskop) dan 18 Oktober (Netflix)

2. Dolemite Is My Name
4 Oktober (bioskop) dan 25 Oktober (Netflix)

3. The King
11 Oktober (bioskop) dan 1 November (Netflix)

4. The Irishman
1 November (bioskop) dan 27 November (Netflix)

5. Earthquake Bird
1 November (bioskop) dan 15 November (Netflix)

6. Marriage Story
6 November (bioskop) dan 6 Desember (Netflix)

7. Klaus
8 November (bioskop) dan15 November (Netflix)

8. I Lost My Body
15 November (bioskop) dan 29 November (Netflix)

9. Atlantics
15 November (bioskop) dan 29 November (Netflix)

10. The Two Popes
27 November (bioskop) dan 20 Desember (Netflix)

Kira-kira siapa nih Stars yang udah ga sabar buat nonton film-film Netflix di bioskop? Kira-kira, film-film tersebut akan buat Netflix dapat oscar juga ga ya?

 

(bil)

Share This