Star Radio - Covid-19 Omicron Indonesia Meningkat
Lifestyle
Covid-19 Omicron Indonesia Meningkat
January 12th | 2022

Covid-19 Omicron di Indonesia terus meningkat. Kementerian Kesehatan prediksi penambahan kasus Covid-19 Omicron di Indonesia diperkirakan akan terus terjadi hingga mencapai puncaknya pada Februari 2022.

Kemenkes mencatat penambahan total kasus konfirmasi Covid-19 Omicron di Indonesia hingga Sabtu (8/1) sebanyak 414 orang. Ada penambahan kasus Covid-19 Omicron di Indonesia sebanyak 75 orang pada Sabtu (8/1).

Mayoritas yang terpapar Omicron adalah mereka pelaku perjalanan luar negeri (PPLN). Dari 414, 383 orang adalah mereka yang datang dari luar negeri. Terbanyak adalah PPLN yang datang dari Arab Saudi, Turki, Amerika Serikat, dan Uni Emirat Arab.

Melihat temuan fakta yang ada, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat tetap waspada. Jangan sampai Omicron membawa Indonesia kembali dalam lonjakan kasus yang besar.

"Walau kita berhasil mengendalikan pandemi namun kita harus hati-hati, waspada terhadap kemungkinan risiko pandemi karena varian Omicron," kata Jokowi dalam pidato HUT ke-49 PDI Perjuangan secara virtual pada Senin, 10 Januari 2022.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin malah sudah melihat besar kemungkinan Indonesia bakal alami kenaikan kasus karena Omicron. Ia memprediksi bakal terjadi gelombang Omicron dalam waktu dekat.

"Kita akan menghadapi gelombang dari Omicron ini," kata Budi dalam konferensi pers update PPKM pada Senin, 10 Januari 2022.

Namun, Budi meminta agar masyarakat tidak panik karena pemerintah sudah menyiapkan penanganannya dengan baik.

"Tidak usah panik, kita sudah mempersiapkan diri dengan baik," katanya.

Budi yakin meski gelombang Omicron naik dengan cepat tapi akan turun dengan cepat pula. Selain itu, pemerintah sudah mempelajari pola penularan Omicron berdasarkan kondisi di sejumlah negara.

(SNA)

Sumber Foto : Google

Share This