Star Radio - Covid Jerman Melonjak, Pemerintah Ibu Kota Berlin Larang Warga yang Belum Vaksin untuk Rekreasi
Lifestyle
Covid Jerman Melonjak, Pemerintah Ibu Kota Berlin Larang Warga yang Belum Vaksin untuk Rekreasi
November 12th | 2021

Pemerintah Ibu Kota Berlin di Jerman  akan menetapkan aturan baru yang melarang warga belum vaksin Covid-19 mengunjungi tempat hiburan. Aturan yang melarang warga belum divaksin masuk restoran, bar, hingga bioskop dan tempat publik lainnya itu akan berlaku mulai pekan depan.

Pemerintah Kota Berlin menyampaikan, orang-orang yang tidak menerima vaksinasi ataupun dosis lengkap vaksin dilarang masuk ke beberapa tempat hiburan di ibu kota.

Dilansir dari CNN, kebijakan tersebut sebagai bentuk perluasan dari aturan '2G' yang diterapkan sejumlah kota di Jerman. Aturan itu hanya mengizinkan warga yang sudah divaksin dan penyintas Covid-19 boleh memasuki tempat-tempat publik.

Orang dewasa yang belum divaksinasi lengkap juga dilarang menghadiri acara luar ruangan dengan pengunjung lebih dari 2.000 orang.

Langkah ini tentunya menjadi upaya pemerintah Jerman mengatasi tingkat vaksinasi di negara itu yang masih terbilang rendah dibandingkan beberapa negara Eropa lain.

"Di Jerman, saya harus mengatakan sayang sekali tingkat vaksinasi di negara kita masih belum cukup tinggi untuk mencegah penyebaran virus yang semakin cepat," kata Kanselir Jerman Angela Merkel dalam sebuah pesan video yang dirilis di situs resmi pemerintah.

Pembatasan ini berlaku ketika Jerman menghadapi gelombang baru Covid-19. Negara itu kembali mencatat rekor infeksi harian Covid-19 sebanyak 50.196 kasus dalam 24 jam terakhir pada Kamis (11/11/2021).

Sementara itu, Menteri Kesehatan Jerman Jens Spahn mengatakan sebagian besar kasus Covid-19 baru ini menyasar kalangan warga yang belum divaksinasi.

Jerman sendiri telah memvaksinasi lengkap 66,7 persen populasi warganya, menyisakan sepertiga warga lain masih belum terlindungi dengan antibodi Covid-19.

 

(C)

Sumber foto: Liputan6.com

Share This