Star Radio - Chandra Liow, Youtuber Indonesia Selamat dari “Kematian”
Lifestyle
Chandra Liow, Youtuber Indonesia Selamat dari “Kematian”
September 13th | 2021

Salah satu content creator yang aktif di YouTube dan Instagram, Chandra Liow, baru saja mengumumkan bahwa dirinya sempat terinfeksi COVID-19 dan penyakit ini nyaris  membuatnya meninggal. Lewat video YouTube miliknya, Chandra menceritakan perjuangannya melawan Covid yang menghabiskan biaya lebih dari Rp 1 miliar dengan terapi Gammaraas.

Sekitar dua bulan terakhir Chandra tidak mengunggah konten di YouTube maupun Instagram. Dia mengakui positif COVID-19 pada 29 Juni 2021, dan pada awalnya menjalani isolasi mandiri di rumah, tetapi kondisinya memburuk. Ia bercerita sempat kesusahan mencari rumah sakit. Setelah mendapat ruangan di rumah sakit Eka Hospital di kawasan BSD, Tangerang, pada tanggal 9 Juli 2021. Chandra divonis mengalami badai sitokin dengan kondisi paru-paru yang tidak baik.

"Gue di-rush ke salah satu ruangan di IGD, ditutupi tirai, diambil darah, langsung dibawa lagi ke radiologi, langsung dicek rontgen. Gue lupa urutannya bagaimana. Dan, ternyata ketahuan kalau gue sudah sangat kritis," cerita Chandra. Dalam masa perawatan kritisnya, Chandra mengatakan bahwa biaya obat dan perawatan sebesar Rp 660 juta yang harus ditanda tangani agar proses pengobatan bisa berjalan.

Dokter merekomendasikan agar Chandra menggunakan terapi Gammaraas untuk proses kesembuhannya dari COVID-19. Gammaraas, atau bisa juga disebut intravenous immunoglobulin (IVig), adalah obat terapi yang digunakan untuk menguatkan ketahanan tubuh secara alami, guna mengurangi risiko infeksi yang dialami seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

 

(SAC)

Sumber foto: Instagram.com/chandraliow

Share This