Star Radio - Cara Sahur yang Benar Supaya Tubuh Kamu Nggak Lemas Saat Puasa
Lifestyle
Cara Sahur yang Benar Supaya Tubuh Kamu Nggak Lemas Saat Puasa
May 13th | 2019

Stars, emang bisa ya puasa dijadiin alesan buat nggak beraktivitas sama sekali atau bahkan bermalas - malasan? Jelas nggak bisa dong, karena sebenernya tubuh kita udah dirancang buat kuat nggak makan selama kurang lebih 12 jam. Jadi nggak ada alesan nih buat lemas pas puasa ya!

Mungkin rasa lemas yang kamu rasakan pas lagi puasa itu gara-gara kamu kurang tepat dalam mengatur makan sahur. Menu sahur yang kurang tepat atau cara sahur yang salah emang bisa bikin tubuh lemes di tengah-tengah puasa. Nah loh, emang gimana sih cara sahur yang bener supaya terhindar dari lemes di siang hari? Yuk disimak cara – cara berikut ini :

1.      Makan dengan porsi wajar

Stars, jangan mentang-mentang mau puasa seharian terus kamu bisa makan dengan kalap saat sahur. Emang sih setelah sahur ini kamu nggak bisa lagi menikmati makanan apa-apa, tapi bukan berarti kamu bisa makan banyak tanpa aturan gitu kan? Makanlah dengan porsi wajar dan normal kayak kamu makan biasa pas lagi nggak puasa. Karena makanan yang berlebihan saat sahur justru bikin tubuh nggak berenergi saat puasa. Tubuh akan jadi gampang ngantuk dan lemes lantaran terlalu banyak makan. Kepala juga bisa pusing lho kalau kamu kebanyakan makan.

 

2.      Perbanyak karbohidrat kompleks dan protein

Stars, karbohidrat kompleks seperti ubi, nasi merah, gandum utuh, buah dan sayur merupakan contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks ini lumayan lama dicerna oleh usus, jadi bisa menyimpan banyak energi cadangan dalam tubuh. Plus, protein semacam daging, telur, ayam atau ikan juga bagus buat menu sahur supaya mencegah badan lemes di siang hari. Jadi nggak ada ceritanya lagi tuh kamu ngerasa lemes di siang bolong kalau makannya bener saat sahur.

 

3.      Makan dengan santai, nggak terburu-buru

Ternyata mengunyah makanan dengan cepat dan terburu-buru juga berpengaruh pada kualitas puasa lho. Kamu yang makan sahur dengan instan dan cepat bakalan berpotensi lemes di siang hari, karena kehilangan cadangan makanan. Makan dengan cepat bisa menyebabkan kadar gula dalam darah terganggu, sehingga perut menjadi lebih  cepat kosong dan merasa lapar.

 

4.      Hindari makanan yang terlalu asin dan mengandung garam

Stars, kalau kamu suka banget makan yang asin-asin seperti telur asin, ikan asin dan sejenisnya, mending dibatesin dulu deh selama bulan puasa ini. Masalahnya, kalau kamu banyak makan makanan yang asin pas sahur, badan kamu bisa cepet lemes dan laper. Karena garam bisa menyerap air dalam tubuh yang mebuat tubuh kurang terhidrasi dengan baik.

 

5.      Jangan langsung tidur setelah sahur

Stars, biasanya nih habis sahur itu enaknya langsung bobo dan melanjutkan mimpi yang tadi sempat terhenti karena harus sahur. Padahal kebiasaan tidur setelah sahur itu nggak baik lho, bisa bikin kamu menjadi lemes dan nggak bertenaga. Apalagi kalau tidurnya kelamaan sampai siang. Bangun-bangun rasanya udah pingin buka puasa aja tuh. Padahal masih lama banget bedug magribnya.

 

6.      Imbangi dengan olahraga ringan setelah sahur

Nah Stars, satu aktivitas rutin yang mesti kamu lakukan supaya kuat menjalani puasa seharian tanpa keluhan adalah rutin berolahraga. Manfaatkkan waktu habis sahur buat sholat subuh ke masjid dengan jalan kaki, lumayan juga nih buat olahraga ringan. Habis itu kamu bisa lanjut jalan-jalan atau main sepedaan di sekitar rumah kamu. Badan kamu bakalan menjadi lebih seger dan nggak lemes pas tengah hari nanti. Ketimbang habis sahur langsung tidur lagi yang bikin badan lemes, mendingan kamu cuci mata sambil jalan-jalan sehat kan?

 

               Nah Stars, itu dia beberapa cara dalam menjalankan sahur yang benar, agar kamu tidak lemas saat berpuasa. Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna. Dan tetap semangat dalam menjalankan ibadah puasa yaaa

 

 

Ketty Dame, 2019

Share This