Star Radio - Cara Cek Sertifikat Vaksin Tanpa Aplikasi PeduliLindungi
Lifestyle
Cara Cek Sertifikat Vaksin Tanpa Aplikasi PeduliLindungi
January 12th | 2022

Pengecekan sertifikat vaksin Covid-19 bisa dilakukan tanpa menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Selama pandemi Covid-19 masih berlangsung, sertifikat vaksin masih menjadi penting salah satunya untuk syarat ketika akan berpergian keluar kota.

Mengecek sertifikat vaksin juga sudah bisa dengan cara di bawah ini, hanya perlu menggunakan HP atau Smartphone.

Namun perlu diingat, ketika cek sertifikat vaksin menggunakan HP perlu menggunakan jaringan internet.

Berikut cara melakukan pengecekan sertifikat vaksin untuk syarat memasuki ruang publik seperti mal, sekolah, gedung perkantoran, dan lain-lain, tanpa download aplikasi PeduliLindungi:

  • Via SMS

Kamu akan dapat notifikasi dari nomor 1199. SMS tersebut berisi nama lengkap, NIK, nomor tiket vaksin, dan jadwal vaksin beserta tanggal dan lokasinya. Dalam SMS tersebut juga terdapat link untuk melihat sertifikat digital.

  • Via Situs PeduliLindungi

Dengan kunjungi website peduliLindungi lalu pada halaman utama pilih opsi ‘Lihat Tikrt dan Serifikat Vaksinasi’, Masukkan nomor HP yang telah didaftarkan untuk mengikuti program vaksinasi, masukkan kode OTP yang diterima di SMS, Setelah berhasil log in ke akun , klik menu 'Sertifikat Vaksin' yang berada di samping kiri. Kemudian, dapat melihat sertifikat vaksin Covid-19 tahap pertama maupun tahap kedua.

  • Via WhatsApp

Kemenkes kini menyediakan Chatbot WhatsApp yang memungkinkan masyarakat untuk melakukan pengecekan sertifikat vaksin Covid-19. Dengan cara Hubungi nomor chatboot WhatsApp Sertifikat PeduliLindungi di nomor berikut +62-811-1050-0567, lalu akan tertera tulisan 'Selamat Datang di WhatsApp Resmi Kemenkes RI.

Untuk memulai silahkan klik Menu Utama dan pilih layanan'. Lalu, Klik 'Menu Utama', Selanjutnya centang pada pilihan 'Sertifikat Vaksin' lalu klik 'Kirim'. Masukkan nomor telepon yang didaftarkan pada aplikasi PeduliLindungi, lalu Masukkan 6 Digit OTP yang dikirim ke ponsel.

Untuk mendownload sertifikat vaksin, masukkan data-data yang dibutuhkan seperti nama lengkap, NIK, dan sertifikat vaksin yang ingin didownload (dosis satu atau dosis dua).

 

 

 

 

(FSA)

Sumber foto: google.com

Share This