Star Radio - BlackBerry Resmi Undur Diri
Lifestyle
BlackBerry Resmi Undur Diri
January 5th | 2022

Sistem operasi (OS) BlackBerry resmi mati untuk selamanya pada Selasa kemarin, 4 Januari 2021. Ponsel dengan papan ketik fisik itu pernah berjaya sebelum dilibas oleh kehadiran iPhone dan Android.

BlackBerry menghentikan dukungan untuk sistem operasi BlackBerry 7.1 OS dan versi sebelumnya, BlackBerry 10, serta BlackBerry PlayBook OS 2.1 dan versi sebelumnya.

Dengan demikian, jajaran ponsel lawas BlackBerry yang sempat hits pada tahun 2010-an seperti BlackBerry Bold, Torch, Curved, hingga Z10 tidak bisa lagi digunakan.

Hal ini diumumkan BlackBerry (BB) secara langsung melalui laman FAQ di situs resminya.

"Mulai 4 Januari 2022, perangkat yang menjalankan layanan dan OS lawas ini melalui operator atau koneksi Wi-Fi, tidak akan lagi berfungsi dengan andal, termasuk untuk koneksi data, panggilan telepon, SMS, dan 9-1-1," tulis BlackBerry di halaman resminya.

RIM menghentikan lini BlackBerry-nya pada tahun 2016 dan mengalihkan fokusnya ke perangkat lunak keamanan dengan nama BlackBerry Limited. Pada tahun 2016, pabrikan Cina TCL mengambil lisensi untuk merek BlackBerry Mobile dan merilis BlackBerry KeyOne dan BlackBerry Key2. Kedua ponsel terbaru itu tidak terpengaruh oleh kebijakan ini.

Startup keamanan OnwardMobility kemudian mengambil alih BlackBerry Mobile. Onward mengatakan akan merilis ponsel Android BlackBerry 5G baru pada paruh pertama tahun 2021. Sayangnya rencana tersebut belum terwujud hingga kini.

(SNA)

Sumber Foto : Google

 

Share This