Star Radio - Berbagai Penyebab Ngantuk Saat Sedang Bekerja dan Cara Mengatasinya
Lifestyle
Berbagai Penyebab Ngantuk Saat Sedang Bekerja dan Cara Mengatasinya
September 12th | 2019

Tangerang, Staradio1073fm – Stars, mengantuk saat sedang bekerja adalah salah satu hal umum yang dialami hampir setiap orang, setiap hari, baik di pagi hari atau setelah makan siang, terutama setelah makan berat Stars. 

Gejala yang sering mengiringi rasa ngantuk, yaitu sulitnya berkonsentrasi dan tidak dapat mengendalikan emosi.

Yes, memang nggak mudah ya Stars menghadapi rasa kantuk. Apalagi sampai kamu tertidur, maka risikonya adalah pekerjaanmu jadi berantakan. 

Kopi? Yup, kopi memang kerap menjadi solusi singkat untuk meredakan rasa ngantuk. Namun, terlalu banyak meminum kopi juga dapat berujung pada beberapa gangguan kesehatan kamu nih Stars seperti migrain, perasaan gugup, gelisah, sering buang air kecil, dan detak jantung terasa cepat.

Jadi, alternatif apa sih yang bisa Stars coba untuk mencegah ngantuk saat sedang bekerja? Oke, sebelum bahas alternatifnya. Ada baiknya kamu tau apa penyebab ngantuk saat sedang bekerja. Keep scrolling ya Stars!

-    Makan makanan yang kurang sehat
Jika kamu makan makanan yang nggak sehat atau kandungan gizinya nggak seimbang, itu juga bisa membuat ngantuk lho. Pastikan ya Stars untuk menambahkan serat dan nutrisi serta protein untuk membuat kamu tetap aktif.

-    Kurang berolahraga
Dengan berolahraga, kamu bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga sirkulasi aliran darah. Kalau kamu nggak melakukan olahraga, otomatis tubuh pun akan cenderung mudah lemas dan mengantuk. 

-    Insomnia/kurang tidur
Selain karena kurang tidur/insomnia, ngantuk juga bisa disebabkan karena terlalu banyak tidur lho. Menurut penelitian, tidur lebih dari 8 jam, justru mudah merasa ngantuk keesokan harinya. Dan jika tidur kamu kurang dari 8 jam, itupun kamu juga berisiko terbangun dengan kondisi sakit kepala.

-    Cuaca
Cuaca? apa hubungannya? Stars, cuaca juga bisa menjadi salah satu alasan yang membuat kamu merasa ngantuk saat sedang bekerja lho. Seperti cuaca hujan membuat udara terasa sejuk dan dingin, sehingga kamu enggan untuk beraktivitas.

-    Stress/depresi
Stress/depresi bisa menyebabkan kamu sulit tidur dengan nyenyak pada malam hari dan membuat kamu merasa ngantuk pada siang hari. Stress/depresi juga sering dikaitkan dengan beberpa masalah gangguan tidur.

Nah itulah beberapa faktor penyebab ngantuk saat sedang bekerja, lanjut ke cara mengatasi ngantuknya yuk Stars. Simak ya!

Cara umum yang harus kamu lakukan untuk mengatasi ngantuk dengan tidur cukup setiap harinya 8 jam. Nah berikut cara alternatif yang bisa kamu coba untuk mengatasi rasa ngantuk saat sedang bekerja :

1.    Kamu bisa bangun dari tempat duduk lalu berjalan sekitar 2-5 menit jika kamu mulai merasa ngantuk.
2.    Istirahatkan sejenak mata kamu dan alihkan pandangan dari layar komputer selama beberapa menit.
3.    Mengkonsumsi makanan ringan yang rendah gula.
4.    Minum air putih lebih banyak untuk mencegah dehidrasi.
5.    Melakukan teknik pernapasan.
6.    Buat wajah kamu beraktivitas dengan cara mengunyah permen karet.
7.    Antisipasi dengan cara mengerjakan pekerjaan yang parenting terlebih dahulu.

Nah itulah tips yang bisa kamu coba untuk menghilangkan rasa ngantuk saat sedang bekerja, semoga bermanfaat ya Stars. Happy trying!

Mia Permatasari, 2019

Share This