Star Radio - Basboi Luncurkan Album Debutnya
Music
Basboi Luncurkan Album Debutnya "Adulting For Dummies"
June 18th | 2021

Rapper Indonesia Basboi telah meluncurkan album debutnya 'Adulting For Dummies'. Album 10-track, dirilis melalui Dominion Records, tersedia di layanan streaming utama pada hari Jumat (18 Juni). Itu tiba setahun setelah artis mulai meletakkan trek untuk rilis penuh.

Per siaran pers, 'Adulting For Dummies' adalah "buku panduan" Basboi untuk ritus peralihan yang sering rumit ke masa dewasa.

“Metode baru menikmati album musik. Buku panduan saya untuk diri bodoh saya. Semoga buku panduan ini bisa membantu dan bermanfaat, ”kata Basboi di Instagram. 'Adulting For Dummies' menampilkan beberapa kolaborasi antara Basboi dan sesama tindakan Indonesia, termasuk A. Nayaka, Mouzect, Mohammed Kamga dan Matter Mos.

Album ini juga berisi versi remaster single 2020 ‘Make Me Proud’ serta ‘Happy Birthday’. Rilis penuh juga tiba setelah Basboi merilis 'Ching' untuk menandai bulan puasa Ramadhan. Awal tahun ini, ia juga tampil di lagu baru produser HNATA dan Justin Adijanto, 'Roller Coaster', dan berkolaborasi dengan BAP. di ‘Lagu Ke Begal Ke’.

Memulai karir musiknya di Bandung, Basboi merilis lagu 'Cozy', 'Dying Breed', 'Night Drive' dan bergerak antara 2017 dan 2018. Pada bulan Maret 2019, ia merilis EP berjudul 'Lulusan Baru' yang menyentuh perjuangan yang dihadapi oleh remaja Indonesia. 

Tajuk Adulting for Dummies sebagai album mungkin terkesan meremehkan, karena tidak hanya sebagai album audio. Rapper bernama asli Baskara Rizqullah memposisikan album ini sebagai cerita anak-anak, diisi dengan sepuluh lagu atau dalam hal ini 10 bab permasalahan dalam beranjak dewasa.

“Yang kebanyakan orang akan menganggap rumit karena tidak pelajaran formal atau informal tentang bagaimana menghadapinya ketika kita berusia 20 tahun-an, seperti keuangan, karier, harta benda, hubungan, dan prestasi cenderung menjadi masalah utama yang ‘populer’ dari orang dewasa,” tambah pria yang menempuh pendidikan di Universitas Padjadjaran.

Melihat hal tersebut, Basboi menemukan bahwa masalah ini hanya permukaan saja, masalah sebenarnya terletak di dalam. Ini tentang bagaimana kita memandang diri sendiri, dari saat-saat frustrasi yang membuat kita bangga pada diri sendiri.

Nantinya, album ini terdiri dari lagu-lagu club-ish trap beat dengan aliran rap yang ketat, bossanova dengan perpaduan lagu pop. Hingga lagu gospel klasik yang mengiringi aliran melodi Basboi yang menyenangkan dan catchy, terbungkus lirik-lirik jenaka dihiasi referensi aneh dan permainan kata yang terdengar tidak biasa.

Basboi mencoba memberikan pengalaman sinematik sejati dari perjalanan seorang anak mencari, kehilangan, dan menemukan dirinya sendiri. Ia juga menjamin album perdana ini tidak seperti album rap pada umumnya.

Sumber Foto : Nme.com

 

(L/J)

Share This