Star Radio - Angka Kesembuhan Corona Semakin Besar, Begini Kata IDI
Lifestyle
Angka Kesembuhan Corona Semakin Besar, Begini Kata IDI
March 6th | 2020

Staradio1073fm.com

Stars, info buat kamu, jangan terlalu khawatir dengan virus baru bernama Covid19 , apalagi terserang panic buying seperti orang kebanyakan. Simak nih pernyataan masuk akal dari Ikatan Dokter Indonesia.

Melansir dari cnnindonesia.com—Ikatan Dokter Indonesia menyarankan kita tidak panik menghadapi merebaknya corona pasalnya, angka kesembuhan sudah menginjak hampir 97 persen artinya angka kesembuhan semakin besar.

Jadi, dont worry guys stay cool. Satgas Kewaspadaan & Kesiagaan Covid-19 IDI dokter Erlina Burhan dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (5/03/2020)  menyatakan bahwa virus Covid 19 tidak sama dengan virus H5N1 atau flu burung yang memiliki angka kematian tinggi sedangkan Covid 19 gejala klinisnya sangat ringan angka kematian relatif rendah hanya sebesar 3 persen dan kemungkinan sembuhnya sebesar 97 persen.

"Banyak penyakit lain yang lebih tinggi," sambung dia.

Data WHO (3/3) menunjukkan angka kematian karena virus corona menunjukkan angka kematian karena virus corona sebesar 3,4 persen. Catatan sementara berdasar data realtime yang dikumpulkan John Hopkins University hingga kamis (5/3) dari 95.748 kasus, sebanyak 56 persen atau 54.423 kasus dinyatakan sembuh.

Erlina menjelaskan virus corona memiliki gejala klinis yang bervariasi dengan tingkatan ringan. Gejala klinis yang berat terjadi pada orang dengan daya tahan tubuh lemah pada lansia dan dengan penyakit penyerta. Jika daya tahan tubuhmu bagus dan tidak menunjukkan gejala terjangkit Covid-19  cukup terapkan pola hidup sehat agar imun tubuhmu bagus sebagai langkah pencegahan.

Perlu kamu ketahui Covid 19 juga lebih berbahaya dibandingkan flu yang membunuh kurang dari 1 persen yang terinfeksi. Kendati belum mendapatkan obat dan antivirus khusus penanganan pasien terindikasi corona akan tetapi penderita dapat sembuh dengan pengobatan terapi simtomatik dan suportif yaitu pengobatan untuk mengurangi gejala dan meningkatan daya tahan tubuh.

"Virus corona ini merupakan self limiting disease (penyakit yang bisa sembuh sendiri) dengan mengandalkan perlawanan sistem imun,jadi bisa diatasi dengan sistem imunitas tubuh," tutur Erlina.

Pasien yang  sudah sembuh akibat Covid 19 berarti sudah tidak bisa lagi menyebarkan virus kepada orang lain.

Meski memiliki tingkat kesembuhan yang tinggi, Erlina tetap menyarankan setiap orang untuk tetap waspada dan mempraktikkan gaya hidup sehat untuk mencegah penularan virus corona. Gaya hidup sehat memang sejak dulu selalu digembar-gemborkan, namun banyak masyarakat memiliki banyak alasan untuk tidak menjalani rutinitas bermanfaat.

Langkah pencegahan yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut :

Rajin cuci tangan sampai bersih, kalau perlu pakai antiseptik guna membunuh kuman yang berada di tangan,Rutin konsumsi buah dan sayuran yang memiliki nutrisi tinggi,Berolahraga secara rutin, waktu tidur yang cukup serta tidak merokok dan mengonsumsi alkohol.

Sumber Gambar; www.inews.id

Edo Kisman

Share This