Star Radio - Alasan Komodo Masuk Daftar Hewan Terancam Punah
Lifestyle
Alasan Komodo Masuk Daftar Hewan Terancam Punah
September 7th | 2021

Saat ini (7/9), Komodo masuk ke dalam kategori hewan terancam punah atau daftar merah dari daftar yang diperbarui oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN). Dikutip dari laman resmi IUCN, 38.543 dari 138.374 spesies Komodo terancam punah.

Hewan yang memiliki nama latin Varanus Komodoensis ini telah berpindah dari kategori rentan menjadi terancam punah. Melansir dari kompas.com, hal ini disebabkan oleh perubahan iklim. Naiknya suhu global dan permukaan air laut diperkirakan akan mengurangi habitat yang cocok bagi komodo setidaknya 30 persen dalam 45 tahun ke depan.

Populasi hewan yang hanya ada di Indonesia tepatnya di Taman Nasional Komodo saat ini memang stabil dan terlindungi dengan baik, tetapi nasib komodo di luar kawasan lindung di Flores terancam oleh hilangnya habitat yang signifikan karena aktivitas manusia.

Pembaruan daftar merah IUCN juga mencakup penilaian ulang dari spesies hiu dan pari dunia. Sama seperti komodo, 37 persen dari spesies hiu dan pari dunia kini terancam punah. Ini memperlihatkan kurangnya langkah-langkah pengelolaan yang efektif di sebagian besar lautan dunia.

Terancamnya komodo sebagai salah satu spesies khas Indonesia seharusnya menjadi peringatan manusia agar tetap menjaga lingkungan dan aktivitasnya agar tidak mengganggu makhluk hidup lain. Perubahan iklim memang tidak bisa diubah, namun tindakan kita terhadap lingkungan sekitar masih bisa diperbaiki.

 

(KF)

Sumber foto: Kompas.com

Share This