Star Radio - Akun Youtube BNBP Diretas Pada Hari Ini
Lifestyle
Akun Youtube BNBP Diretas Pada Hari Ini
December 9th | 2021

Pakar keamanan siber dari Vaksin.com, Alfons Tanujaya menduga akun Youtube milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) diretas pada hari ini, Kamis (9/12).

Karena tak menggunakan fitur Two Factor Authentication (TFA), dan menggunakan password yang sama.

Menurut Alfons hal itu memudahkan peretas melancarkan aksinya terhadap akun youtube BNPB.

Dia mengatakan salah satu penyebab akun media sosial diretas juga bisa dari akun email yang berhasil dikuasai sejumlah pihak.

Kemudian akun sosial media yang menggunakan email itu dengan mudah diambil-alih peretas karena verifikasi TFA atau pergantian akun umumnya dilakukan melalui akun email.

Alfons Tanujaya menduga ada juga kemungkinan bahwa akun Youtube BNPB yang diretas itu diserahkan kepada tim pengelola, sehingga banyak diketahui beberapa pihak.

"Kemungkinan juga akun tersebut diambil alih karena akun ini digunakan dan dikelola oleh tim, sehingga akun ini di-share," tuturnya.

Di samping itu Alfons menjelaskan pembajakan akun BNPB itu bertujuan ingin mendapatkan akses kepada subscriber dari akun yang dibajak tersebut.

Saat ini, BNPB sedang berupaya memulihkan akun YouTube BNPB Indonesia. Pemulihan ini dilakukan Tim Teknisi Jaringan (Tekjar).

"Saat ini kami sedang proses pulihkan akunnya," ujarnya.

Pada pukul 10.39 WIB, akun YouTube BNPB Indonesia diambil alih Ethereum 2.0.  melakukan siaran langsung soal 'Ethereum Breakout! Ethereum News, ETH 2.0 Release Date'.

Dengan adanya peretasan akun Youtube BNPB itu, Alfons mengimbau untuk melindungi kredensial yang ada dan mengelola dengan baik, serta menggunakan password manager dan mengaktifkan TFA.

 

 (FSA)

Sumber foto: google.com

Share This