Star Radio - 6 Rekomendasi Film yang Diadaptasi Dari Novel Klasik
Movie & Cinema
6 Rekomendasi Film yang Diadaptasi Dari Novel Klasik
October 4th | 2019

Tangerang, Staradio1073fm.com – Bagi kamu yang suka membaca novel, pasti tidak asing dong dengan yang namanya novel klasik. Novel klasik adalah novel yang sudah berusia sangat tua, tapi penokohan dan alur ceritanya tak lekang oleh waktu. Novel klasik memang selalu laris buat dijadikan film. Terutama judul-judul yang dianggap sebagai mahakarya di dunia literatur. Beberapa di antaranya sukses meraih status box office, bahkan mendapat nominasi penghargaan.

Buat kamu yang sedang mencari referensi film adaptasi novel klasik, dilansir Merdeka, berikut enam rekomendasi film adaptasi novel klasik yang wajib kamu tonton, diantaranya

1. Pride & Prejudice

Novel karya Jane Austen ini memang populer dikalangan pecinta novel klasik. Novel ini diadaptasi menjadi film dengan judul yang sama yakni Priede & Prejudice. Film tersebut rilis di tahun 2005 merupakan salah satu adaptasi tersukses dan paling banyak dipuji.

Film ini menceritakan kisah cinta Elizabeth Bennet yang diperankan Keira Knightley dan Mr. Darcy yang diperankan Matthew Macfadyen. Film ini pun langsung mendapatkan empat nominasi Oscar dan dipuji sang penulis novel Jane Austen karena mampu memadukan unsur-unsur tradisional dari bukunya dan teknik pembuatan film yang bisa menarik perhatian anak muda.

2. Anna Karenina

Novel Anna Karenina merupakan karya Leo Tolstoy. Novel ini menceritakan drama kehidupan Anna Karenina, seorang sosialita Rusia yang tak bahagia.

Novel tersebut diadaptasi menjadi film pada tahun 2012 silam. Didalam film, Anna yang sudah menikah dengan Count Karenin (Jude Law) terpikat oleh Count Vronsky (Aaron Taylor Johnson) dan memutuskan untuk mengabaikan pendapat miring masyarakat demi bersama cinta sejatinya. Film ini pun mendapatkan empat nominasi Oscar, enam nominasi British Academy Film Awards, dan enam nominasi lagi di Satellite Awards.

3. Wuthering Heights

Wuthering Heights merupakan novel klasik yang ditulis Emily Bronte. Novel ini mengkisahkan tentang dendam dan cinta yang terhalang kebencian selama bertahun-tahun. Novel ini mendapatkan adaptasi film pada tahun 2011. Film ini dibintangi oleh Kaya Scodelario sebagai Catherine Earnshaw dan James Howson sebagai Heathcliff. Pemilihan keduanya sebagai tokoh utama dipuji banyak pihak karena dianggap paling sesuai dengan tokoh yang dibuat Bronte.

4. The Count of Monte Cristo

Novel ini merupakan karya Alexandre Dumas. Film The Count of Monte Cristo menceritakan Edmond Dantes (Jim Caviezel), seorang pelaut yang dijebloskan ke penjara dengan tak adil selama belasan tahun karena pengkhianatan orang-orang di sekitarnya. Dantes menghabiskan waktu begitu lama untuk menyusun rencana pembalasan dendam kepada orang-orang yang mengkhianatinya.

5. Les Miserables

Les Miserables merupakan novel karya Victor Hugo. Novel ini diadaptasi menjadi film dan dirilis pada tahun 2012. Les Miserables merupakan film musikal. Film ini dibintangi aktor dan aktris papan atas seperti Hugh Jackman, Russell Crowe, Anne Hathaway, Eddie Redmayne, Amanda Seyfried, Helena Bonham Carter, dan Sacha Baron Cohen. Les Miserables mengisahkan tentang perjuangan dalam bertahan hidup di Prancis  pada abad 19 dimana saat itu kondisinya sedang tidak kondusif. Film ini mendapat belasan nominasi di berbagai ajang penghargaan film dan berhasil memenangkan penghargaan di Golden Globe, BAFTA, dan Oscar.

6. Great Expectations

Great Expectations merupakan novel karya Charles Dickens. Novel ini diadaptasi menjadi film pada tahun 2012. Film ini dibintangi oleh Jeremy Irvine, Helena Bonham Carter, Holliday Grainger, dan Ralph Fiennes. Great Expectations bercerita tentang Pip (Irvine), seorang pemuda miskin yang mengalami berbagai kesulitan untuk mengubah hidupnya dan mendapatkan cinta Estella (Holliday Grainger) yang telah dimanipulasi oleh Miss Havisham (Bonham Carter) sejak kecil.

Nah stars, itulah enam rekomendasi film yang diadaptasi dari novel klasik. Dari keenam film tadi, kamu sudah nonton yang mana aja stars? (AND)

Share This