Star Radio - 5 Prinsip Pola Makanan Yang Dipicu Anda Mudah Stres
Lifestyle
5 Prinsip Pola Makanan Yang Dipicu Anda Mudah Stres
July 17th | 2019

 

Mudah stres datang bukan hanya karna menumpuknya pekerjaan hingga masalah dengan orang orang di sekitar kamu. Stres pun bisa dipicu karena pola makan dan kandungan suatu makanan yang dikonsumsi sehari hari sama kamu star.

Hal ini juga dikarnakan beragam zat gizi memainkan peran penting untuk menunjang fungsi otak, kekebalan tubuh dan mengatur tekanan darah , sehingga mengeluarkan racun. Asupan gizi makanan pun membantu untuk menurunkan kadar hormon kortisol dan adrenalin yang membuat meningkat saat stres.

Fyi Star, supaya lebih nyaman saat kamu beraktifitas setiap harinya, anjurkan pola makan yang bisa kamu terapkan untuk mengurangi stres.

1. Makan sumber karbohidrat kompleks

Saat stres melanda , pasti tubuh otomatis akan melepas banyak hormon kortisol dan adrenalin guna mempersiapkan tubuh dalam situasi. Kadar zat serotonin, yang bertugas memperbaiki suasana hati jurstru menurun.Demi mengembalikan kadar zat seperti semula , Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi asupan karbohidrat setiap makan. Misalnya Biji-bijian , sayuran, maupun buah buahan.

Menurut peneletian Journal Of Nutrition and Food Sciences menjelaskan bahwa konsumsi sumber karbohidrat komplek membantu memproduksi lebih banyak zat serotonin akan membuat proses pencernaan makanan lambat , sehingga hormon serotonin bisa lebih stabil.

2. Kurangi asupan lemak

Banyak dari kalangan manusia gemar makan makanan berlemak, coba kurangi atau bahkan hentikan makanan yang berlemak jika tidak ingin stres semakin parah. Sebuah penelitian dari Psychiantric Clinics of North America mencoba membandingkan tingkat stres pada hewan yang makan makanan biasa dan berlemak.

Hasilnya menunjukan bahwa pada hewan yang diberi makanan dengan kandungan yang tidak seimbangn, tidak terjadi peningkatan kadar hormon glukokortikoid. Sementara pada hewan diberi makanan berlemak bagian hipotalamus memproduksi banyak hormon glikokortikoid. Singkatnya , pola makan tidak sehat , seperti terlalu banyak lemak  jenuh dan trans, dapat berdampak buruk pada keseimbanagn hormon tubuh dan mempengaruhi kadar hormon dan memicu pengendali stres.

3. Perbanyak asupan serat

Sebuah Penelitian dari The Jurnal of Physiology, makanan dengan kandungn serat tinggi dalam pola makan harian dapat membantu mengurangi stres. Ternyata bakteri yang bersarang dalam usus bisa membantu menurunkan tingkat kecemasan atau stres pada tubuh.

Buah apel, kacang kedelai dan produk dari gandum , serta aneka ragam sayuran merupakan sumber dari serat tinggi yang akan membantu merangsang produksi , karana kondisi stres yang berlarut juga dapat mempengaruhi kerja usus dengan membuat sekat “ penghalang “.

4. Perbanyak vitamin dan mineral

Kebutuhan asupan vitamin dan mineral bukanlah isapan jempol belaka melaikan itu penting untuk tubuh. Tak hanya dibutuhkan menunjang berbagai fungsi tubuh saja ,  asupan zat gizi mikro juga membantu mengurangi tingkat stres didalam tubuh.

Apabila kebutuhan asupan vitamin dan mineral tubuh tidak cukup baik , resikonya tekanan pada psikologis bisa lebih besar. Bahkan jika kekurangan asupan zat gizi bisa mengacaukan keseimbangan dan memicu stres pada tubuh.

5. Selalu penuhi kebutuhan cairan setiap hari

Kurang cairan bukan karna haus , tapi bisa membuat tubuh sampai dehidrasi tanpa sadar saat kamu mengalami dehidrasi dapat meningkatka kadar hormon kortisol.

Maka dari itu , pastikan tubuh tidak kekurangan asupan cairan setiap harinya guna mencegah stres sekaligus dehidrasi jadi meminimalisir stres dengan asupan jenis makanan diatas untuk mengurangi pemicunya.

 

Nita Yuliyanti, 2019

Share This