Star Radio - 5 Manfaat Olahraga Golf Untuk Kesehatan
Lifestyle
5 Manfaat Olahraga Golf Untuk Kesehatan
August 13th | 2019

Stars, olahraga golf sudah sangat dikenal di mata dunia sebagai kegiatan untuk mengisi waktu luang dan bersosialisasi. Bahkan, tidak jarang orang yang menjadikannya sebagai momen untuk membicarakan bisnis.

 

Memang, olahraga golf dikenal sebagai kegiatan santai luar ruangan yang tidak murah. Namun, ada alasan yang membuat olahraga ini tetap berada di hati para pecintanya. Tidak lain adalah beragam manfaat kesehatan yang ditawarkan, terlebih jika melakukannya secara rutin.

 

Jika kamu sudah lama menjadi pecinta olahraga golf tapi masih ragu untuk mulai mengikutinya,  dilansir dbs.com berikut ini lima manfaat yang mungkin akan mengusir keraguan kamu.

 

1. Menghindarkan Anda dari Stress

Bisakah kamu menerka dari mana datangnya manfaat ini? Jawabannya apalagi kalau bukan indahnya hamparan rumput hijau di depan mata.

Layaknya terapi, panorama indah di lapangan golf beserta udara segarnya secara tidak langsung dapat membawa kamu menuju momen relaksasi. Selain itu, menurut penelitian olahraga golf juga terbukti dapat memberikan dampak positif untuk keseimbangan jiwa seseorang.

Lupakan masalah sejenak,lakukan olahraga ini setidaknya seminggu sekali untuk merasakan khasiatnya. Dijamin, rasa stres Anda akan berkurang secara perlahan.

 

2. Membakar Kalori

Siapa bilang olahraga golf tidak bisa membakar kalori? Lupakan caddie dan mobil golf, sempatkan untuk berjalan kaki lebih banyak!

Dengan ukuran lapangan yang begitu luas, berjalan kaki sambil membawa tas golf yang sudah cukup berat akan membakar hingga 700 kalori dan tentunya melatih kinerja jantung kamu. Selain itu, fungsi otot kamu pun akan terlatih saat mengayunkan stick golf berkali-kali.

Jika kamu melakukan olahraga golf secara rutin, tentu kamu akan merasakan tubuh menjadi lebih bugar setelahnya.

 

3. Melatih Pengelihatan dan Fokus

Mengapa demikian? Saat membidik lubang target dari jarak yang jauh, kamu dituntut untuk berkonsentrasi ibarat seekor elang yang butuh pengelihatan tajam untuk memburu mangsa.

Selain itu, dibutuhkan koordinasi yang baik antara mata dan tangan untuk mengayunkan stick golf dengan akurat. Untuk melatihnya, biasakan dengan mengayunkan stick secara perlahan sambil melihat bola yang ada di depan mata dan lubang target secara bergantian. Momen ini merupakan saat yang tepat bagi kamu untuk melatih koordinasi tangan dan fokus agar tepat sasaran saat mengayunkan stick.

 

4. Tidur yang Lebih Berkualitas

Siapa yang tidak mau mendapatkan waktu tidur bekualitas? Jangan khawatir, dengan olahraga golf kamu bisa mendapatkannya.

Pada saat melakukan olahraga golf, aktivitas yang dilakukan oleh tubuh kamu pun ikut meningkat. Mulai dari banyaknya porsi berjalan kaki, hingga terekspos di ruang terbuka pada saat matahari bersinar semua kamu memberikan sensasi lelah yang bermanfaat untuk tubuh kamu.

Olahraga juga telah terbukti dapat meningkatkan gelombang tidur lambat yang dihasilkan oleh otak. Tidak diragukan lagi, tubuh kamu pun akan tidur yang lebih lelap pada malam harinya untuk mengisi energi kembali dan juga beregenerasi. Cara cermat untuk menyambut pagi hari dengan tubuh yang lebih bugar, bukan?

 

5.Fisik yang Lebih Kuat

Satu lagi manfaat olahraga golf yang bisa kamu dapatkan untuk jangka yang lebih panjang hingga masa tua.

Tentu kamu tahu, fisik yang terbiasa dilatih akan menjadi lebih kuat dari waktu ke waktu. Olahraga golf dapat menjadi solusi untuk kamu dengan gerakan-gerakan ringan tapi pasti yang kamu lakukan secara rutin, seperti berjalan kaki hingga mengayunkan tongkat. Baiknya lagi, kekuatan fisik inilah yang akan menjadi tabungan kamu kelak nanti agar terhindar dari permasalahan sendi dan otot.

Di zaman sekarang, menjalani hari-hari akan semakin terasa berat dengan tubuh yang kurang fit. Terlebih dengan padatnya aktivitas. Sudah pasti kamu memerlukan kegiatan yang mampu menambah kebugaran.

 

Olahraga golf memang merupakan pilihan yang tepat karena minimnya resiko cedera dan bisa menjadi solusi tubuh bugar kamu.

 

Nah Stars, apakah kamu masih ragu untuk memasukkan olahraga golf ke dalam daftar kegiatan akhir pekan? Sepertinya boleh di coba ya Stars, semoga informasi ini bermanfaat.

 

 

(Rekha Oktariyana/08/2019)

Share This