Star Radio - 4 Tips Untuk Berhenti Mengeluh
Lifestyle
4 Tips Untuk Berhenti Mengeluh
December 2nd | 2019

Tangerang, Staradio1073fm.com - Stars, apakah kamu sering mengeluh? Jika ya, coba tanyakan pada dirimu, apakah dengan mengeluh beban hidupmu bisa sedikit berkurang? Jawabannya sudah pasti tidak. Mengeluh merupakan salah satu ungkapan kekecewaan diri yang dapat sedikit melegakan perasaan. Tetapi, hal ini hanya berlangsung untuk sementara. Dengan sering mengeluh, justru kamu malah memberikan aura negatif untuk dirimu sendiri, loh.

Oleh karena itu, coba kamu terapkan empat tips di bawah ini agar dapat berhenti mengeluh.

1. Banyak bersyukur

Meski dengan mengucap syukur tidak dapat membuat masalah hidupmu menjadi hilang, tetapi bersyukur dapat memberikan efek positif untuk dirimu. Misalnya dapat membuat hati dan pikiranmu menjadi lebih tenang, membuat kamu lebih tegar, dan kamu pun menyadari bahwa semua hal yang kamu alami terjadi atas izin yang Maha Kuasa. Sehingga, kamu harus percaya bahwa kamu dapat melewati masalah tersebut.

2. Optimis dapat mencapai impian

Dengan bersikap optimis, berarti kamu percaya bahwa kamu dapat menggapai semua impianmu. Saat kamu sedang terjatuh dan mengalami kegagalan pun, kamu tidak boleh menyalahkan keadaan, diri sendiri, maupun orang lain. Nikmatilah segala proses yang kamu lalui.

3. Bersabar, karena tidak semua hal dapat kamu kendalikan

Baik dan buruk suatu keadaan tergantung dari cara kamu meresponnya. Jika keadaan sedang baik, mudah bagi kamu untuk menerimanya dengan cara yang baik pula. Namun, jika keadaan sedang buruk, maka kamu perlu bersabar tanpa harus mencela dan mencaci keadaan, apalagi sampai menyalahkan orang lain sebagai penyebabnya. Ingatlah, tidak semua hal dapat kamu kendalikan.

4. Mengambil pelajaran dari setiap kesalahan dan masalah

Berhenti mengeluh dan petiklah pelajaran dari setiap kesalahan ataupun masalah yang kamu alami, agar di masa yang akan datang kamu tidak lagi terjebak di kesalahan yang sama.

Nah Stars, itu dia tips agar dapat berhenti mengeluh. Biar bagaimanapun, hidup ini merupakan anugerah yang harus kita syukuri. Semangat!

(GP)

Share This