Star Radio - 4 Cara Alami Mengatasi Insomnia
Lifestyle
4 Cara Alami Mengatasi Insomnia
December 5th | 2019

Tangerang, Staradio1073fm.com  – Tidak ada yang lebih menenangkan daripada berbaring di atas tempat tidur dan terlelap. Tidur di malam hari memastikan tubuh kita beristirahat, agar segar dan siap menghadapi hari esok. Sayangnya, banyak orang memiliki hari-hari yang sangat sibuk, sehingga tidur menjadi momentun langka yang tidak selalu bisa didapatkan dengan optimal. Maka tak jarang pula yang mengalami insomnia. Kondisi di mana kita lebih banyak menghabiskan waktu untuk gelisah ketika berbaring di tempat tidur. Banyak orang mengira insomnia adalah kurang tidur, padahal ini adalah kondisi yang mencegah kita dari tidur nyenyak.

Ada banyak penyebab di balik tidur yang terganggu, antara lain gaya hidup tidak sehat, pola makan buruk, stres, depresi, dan kecemasan. Penggunaan gawai yang berlebihan juga bisa mengurangi waktu tidur berkualitas kita. Masalah insomnia tidak harus selalu diatasi dengan konsumsi obat-obatan.

Dilansir dari Kompas,com, Beberapa cara alami ini bisa kamu coba terapkan demi tidur malam yang nyenyak dan optimal:

1. Essential oil

Banyak dari kita yang sudah tahu bahwa essential oil bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Essential oil lavender bisa membantu menenangkan pikiran dan tubuh, sehingga tubuh kita lebih siap untuk tidur. Kita bisa menyemprotkan atau meneteskannya pada permukaan bantal dan seprai sebelum pergi tidur. Kamu bisa menghirup wanginya agar mampu tidur nyenyak.

2. Mencuci seprai

Ada alasan mengapa tempat tidur di hotel terlihat sangat mengundang dan terasa nyaman, sebab seprainya bersih dan tempat tidurnya nyaman. Jadi, jika tempat tidur di tempat tinggalmu terlihat kurang mengundang, kamu mungkin bisa mengganti sepraimu dan memastikan wangi tempat tidurmu segar. Kamu juga bisa menata tempat tidurmu dan memilih bantal yang empuk dan nyaman.

Pastikan suhu ruangan sejuk, sebab menurunkan suhu tubuh memberi sinyal pada otak untuk melepaskan melatonin atau hormon tidur.

3. Mendapatkan vitamin matahari

Pergilah ke luar ruangan untuk bertemu sinar matahari, sekitar satu jam setelah bangun tidur. Pengeluaran zat kimia dari otak kita akan terjadi bersamaan dengan paparan sinar matahari.

4. Perhatikan apa yang dimakan

Makan makanan tinggi gula sebelum tidur berpotensi membuatmu terjaga sepanjang malam. Sebagai gantinya, pertimbangkan untuk minum segelas susu hangat dan sepotong roti panggang.

Teh herbal tertentu seperti kamomil, serai atau lavender dapat membuat tubuh dan pikiran kita lebih rileks, yang akan berdampak pada kualitas tidur yang lebih baik.

 

--

Danisha Umairoh Rosyadi

Share This