Star Radio - 10 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan
Lifestyle
10 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan
July 31st | 2019

Stars, pasti banyak yang tidak tahu kalo Daun Kelor itu banyak sekali manfaatnya dan Selama ini daun kelor lebih dikenal sebagai sayuran pelancar ASI bagi ibu-ibu yang sedang menyusui. Namun Moringa oleifera alias kelor tengah menjadi primadona di dunia kesehatan maupun kecantikan.

Daun kelor tersebut memiliki sejumlah kandungan antioksidan yang berguna untuk melindungi tubuh dari berbagai efek negatif. Selain itu nutrisi yang dimilikinya juga menjadikan tanaman ini sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Berikut manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Yuk Simak.

1. Meringankan Nyeri Haid

Pasti diantara kamu stars ada yang merasakan nyeri haid yang luar biasa, kadang ada yang pingsan krna nahan nyeri haid? Nah stars kamu coba konsumsi jus daun kelor segar. Menurut penelitian yang dilansir Boldsky, daun kelor tersebut mengandung bahan alami yang bermanfaat untuk meredakan nyeri serta inflamasi saat menstruasi.

2. Mencegah Penyakit Kuning

Penyakit kuning bisa dicegah dengan konsumsi daun kelor secara teratur. Konsumsi daun ini akan menjadikan tubuh lebih kebal terhadap virus yang menyebabkan penyakit tersebut.

3. Mengatasi Diabetes

Orang tua maupun anak remaja pasti pernah menderita diabetes dan kadar gula yang tidak seimbang bagi para penderita diabetes bisa diatasi dengan mengkonsumsi daun kelor.  Konsumsi setidaknya 150 mg ekstarak daun kelor secara rutin untuk mengatasi penyakit diabetes.  Mengkonsumsi daun kelor baik untuk menjadikan gula darah stabil.

4. Mengatasi Penyakit Kulit

Kandungan antiseptik yang dimiliki daun kelor menjadikannya ampuh untuk membunuh bakteri. Bila kamu memiliki masalah masalah kulit seperti alergi, gatal-gatal, atau herpes, kamu bisa menggunakan masker atau kompres daun kelor untuk meringankan sensasi gatal dan pedihnya.

5. Menjaga Kesehatan Ginjal

Salah satu manfaat dari daun kelor yang tak bisa diabaikan adalah membantu menjaga kesehatan ginjal. Beragam penyakit yang menyerang ginjal bisa dicegah dengan daun kelor.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Daun kelor bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung, terutama dalam menangkal kolesterol jahat dan inflamasi yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada jantung.

7. Mencegah Kanker

Kanker bisa disebabkan karena inflamasi akut. Menurut artikel yang dilansir Healthline, penelitian membuktikan bahwa kandungan isotiosianat di dalam daun kelor akan membantu mengatasi dan mencegah inflamasi.

8. Mencukupi Kebutuhan Gizi

Secangkir daun kelor mengandung protein, vitamin B6, vitamin C, zat besi, vitamin A, dan magnesium. Jika dikonsumsi sebagai sayuran, makanan ini cukup untuk menambah asupan nutrisi vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh.

9. Menurunkan Tekanan Darah

Moringa oleifera alias kelor mengandung quercetin, antioksidan kuat yang bisa membantu menormalkan tekanan darah.

10. Menyehatkan Mata

Mungkin terdengar sedikit meragukan. Pasalnya banyak yang mempercayai bahwa kesehatan mata bisa didapatkan dari makanan yang mengandung vitamin A dan biasanya berwarna merah seperti wortel, tomat, ataupun pepaya. Tapi perlu Anda ketahui, walaupun kelor tidak berwarna merah sedikitpun, faktanya daun ini memiliki kandungan vitamin A yang cukup banyak. Disebutkan dalam 100g daun kelor terdapat 3390 SI vitamin A. Tentunya jumlah tersebut jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan wortel.

Itu dia stars, aneka manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh, yuk jaga kesehatan tubuh kita.

 

Nita Yuliyanti,2019

 

 

Share This