Star Radio - Makan Apel Lebih Sehat Dikupas Kulitnya atau Tidak? Ini Jawabannya
Lifestyle
Makan Apel Lebih Sehat Dikupas Kulitnya atau Tidak? Ini Jawabannya
January 11th | 2018

Sejumlah buah-buahan tentu ada yang bisa dimakan langsung tanpa dikupas kulitnya seperti apel. Namun, benarkah memakan buah apel dengan kulit lebih baik daripada dikupas?

Dalam keterangan tertulis hellosehat.com, Selasa (9/1), sebenarnya masalah teknik makan buah tergantung selera. Karena yang paling penting adalah mengosumsi buah setiap hari. Meski begitu, mengupas kulit buah ternyata bisa membuat seseorang kehilangan sejumlah nutrisi yang penting bagi tubuh.

Kebanyakan orang menganggap bahwa daging buah adalah bagian yang paling bergizi. Tapi, anggapan ini kurang tepat. Justru, kandungan vitamin, mineral, dan senyawa lainnya yang bermanfaat paling banyak tersimpan di kulit buah. Dengan mengupas kulitnya, malah akan kehilangan sekitar sepertiga dari nutrisi tersebut.

Misalnya saja apel. Satu buah apel utuh dengan kulitnya bisa mengandung vitamin K lebih dari 332 persen, vitamin C lebih dari 142 persen, kalsium 20 persen lebih banyak, dan hingga kalium 19 persen lebih banyak daripada apel yang sudah dikupas. Kenapa nilai gizi keduanya bisa berbeda, padahal masih sama-sama apel?

Hal ini disebabkan oleh kandungan air dalam daging buah yang bisa menguap setelah dikupas. Hilangnya kandungan air dapat mengganggu keseimbangan pH beberapa buah, sehingga bisa menghilangkan kandungan nutrisinya. Beberapa vitamin dan mineral yang tidak tahan panas juga bisa menguap setelah buah dikupas dan dipotong, seperti vitamin C.

Kulit buah mengandung lebih banyak serat daripada dagingnya, terutama jenis serat yang tidak larut air. Satu buah apel utuh, misalnya, mengandung hingga 2,4 gram serat. Setengah dari jumlah tersebut terkandung di dalam kulitnya.

Asupan serat tidak larut dapat membantu mencegah dan mengobati sembelit. Terlebih, kandungan serat yang tinggi pada kulit buah mampu membuat seseorang merasa kenyang lebih lama daripada makan buah yang sudah dikupas. Rasa kenyang ini akhirnya mengurangi asupan kalori yang Anda konsumsi sehingga berdampak pada penurunan berat badan.

Kulit buah juga mengandung porsi serat larut air yang cukup tinggi. Pectin, salah satu jenis serat larut air dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengontrol gula darah. Selain apel, Pectin dapat ditemukan di kulit buah-buahan lainnya seperti beri (stroberi, blackberry, raspberry), persik (peach), ceri, anggur, dan jeruk.

 

Sandi Aji Saka, 2018

https://www.jawapos.com/read/2018/01/10/180304/makan-apel-lebih-sehat-dikupas-kulitnya-atau-tidak-ini-jawabannya

Share This